10 Kunci Sukses Persib Bandung Juara ISL

IQROZEN ~ Gelaran Indonesia Super League (ISL) tahun ini baru saja usai. Partai puncak yang mempertemukan Juara bertahan Persipura Jayapura versus Persib Bandung di Stadion Jakabaring Palembang (7/11), harus melalui drama adu pinalty. Hasilnya, Persib Bandung mampu merebut gelar juara ISL tahun ini setelah kiper I Made Wirawan berhasil menggagalkan salah satu tendangan pinalty pemain dari tim Mutiara Hitam. Sementara algojo Persib Bandung kesemuanya mampu menunaikan tugasnya dengan perfect.
Oya jangan lewatkan Piala AFF 2014 dan dukung timnas Indonesia, untuk itu silakan lihat Jadwal Lengkap Piala AFF 2014.
Di balik keberhasilan Persib Bandung, ada beberapa catatan sederhana saya sekedar mencoba menyimpulkan kunci keberhasilan tim Maung Bandung dalam merengkuh gelar setelah sekitar 19 tahun lamanya puasa gelar. Tentu catatan ini hanya sebatas pengamatan pribadi saya yang kebetulan sedikit hobby dengan olahraga terpopuler di dunia tersebut. Berikut 10 Kunci Sukses Persib Bandung versi IQROZEN:

1. Solidaritas Tim
Kerjasama yang diperagakan skuad dari kota kembang sungguh tidak diragukan lagi, hal ini tampak dari kolektivitas serangan maupun pertahanan yang rapi dan terkordinir. Saya pribadi menganggap kekompakan tim Maung Bandung sudah tersuguhkan sejak coach Djajang Nurdjaman mulai menukangi tim ini.

2. Peran Senioritas
Hal ini dapat dilihat dari kembalinya pemain-pemain putra daerah dan didukung pelatih yang juga berasal dari Bandung. Langkah mengedepankan senioritas ini mengembalikan kepercayaan dan kesolidan tim Maung Bandung, bahkan kepercayaan publik pendukung Persib turut meningkat seiring kembalinya pemain-pemain kawakan asal Bandung untuk bersama mendukung Persib.

3. Dukungan Pejabat
Sorotan publik tidak terlepas pada campur tangan pemimpin di wilayah Bandung yang mengukuhkan kinerja skuad Persib menjadi seperti sekarang ini. Hadirnya Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menjadi bukti totalitas dukungan pejabat pemerintah setempat.

4. Antusiasme Suporter
Untuk poin ini saya tidak perlu memberi ulasan karena sudah tampak jelas bagaimana The Viking memberikan dukungan kepada Persib Bandung.

5. Kualitas yang Merata
Sebenarnya boleh dikatakan kemenangan Persib Bandung dalam beberapa laga diperoleh pada babak kedua atau menit-menit terakhir. Lebih spesifik lagi biasanya Persib mencetak gol setelah adanya pergantian pemain. Ini menunjukkan bahwa kualitas pemain inti maupun pemain pengganti cukup seimbang sehingga mampu menjaga ritme permainan hingga peluit akhir.

6. Semangat
Perjuangan tanpa lelah Atep dkk menjadi bukti semangat menggelora untuk meraih gelar juara, demikian halnya dari tim pelatih dan jajaran staff pengurus Persib nampak begitu berambisi mengembalikan kejayaan Persib Bandung.

7. Doa
Senjata paling ampuh ini sebenarnya sudah diyakini banyak orang dari berbagai kepercayaan, namun yang paling mencolok adalah ritual doa yang dipertontonkan I Made Wirawan sebelum dirinya berhasil menggagalkan tendangan pinalty Nelson Alom dari Persipura.

8. Spiritualitas
Ritual sujud yang diperagakan M. Ridwan dan Makan Konate menjadi bukti spiritualitas tim Maung Bandung menjadi faktor yang tidak boleh dilupakan. Bahkan ada yang menyatakan pemain dan official Persib yang Muslim melakukan sholat berjamaah bersama Aher sebelum laga final digelar. (http://bola.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-indonesia/14/11/08/neowsh-sebelum-pertandingan-aher-pimpin-shalat-para-pemain-persib).

9. Sabar
Kurang lebih 19 tahun menanti gelar itu adalah hal yang sulit, namun ini telah dibuktikan dengan kesolidan dan eksistensi tim Persib layak untuk meraih Juara setelah mereka bersabar sekian lama tanpa membubarkan diri.

10. Keberuntungan
Saya berpendapat demikian karena partai semifinal versus Arema Cronus boleh dibilang keajaiban bagi Persib. Setelah tertinggal 1-0 namun di masa injury time mereka mampu menyamakan kedudukan dan kemudian menaklukan Arema. Hal ini juga diperkuat saat drama adu pinalty dimana Persib lebih beruntung dengan penampilan gemilang I Made di bawah mistar gawang. Sesungguhnya dibalik kesulitan selalu ada kemudahan, inilah yang namanya keberuntungan selalu ada.
Persib Juara ISL lewat adu Pinalty
Demikian Postingan saya terkait 10 Kunci Keberhasilan Persib Bandung meraih gelar juara ISL tahun ini meski melalui adu tendangan 12 pas. Selamat kepada pemain, official dan pendukung tim Maung Bandung, semoga gelar tersebut memberi motivasi untuk melahirkan pemain-pemain timnas yang berkualitas. Chayooo...