Larangan Meniup Air Panas Sebelum Diminum

IQROZEN | Larangan Meniup Air Panas Sebelum Diminum. Sebagai seorang Muslim, Rasulullah SAW merupakan suri tauladan utama yang harus diikuti akhlak dan tradisi hidupnya. Salah satu hal penting yang harus dijaga adalah larangan Rasulullah untuk meniup air panas yang hendak diminum. Salah satu hadis Beliau menjelaskan bahwa Nabi SAW dengan tegas melarang para sahabat yang meniup air sebelum meminumnya. (Lihat HR. At-Tirmidzi).

Sudah barang tentu air yang ditiup adalah air panas, karena tidak mungkin kita meniup air dingin sebelum diminum. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang jika hendak minum air panas semisal teh manis atau kopi, mereka akan meniupnya dengan harapan untuk mendinginkan atau paling tidak menghangatkan minuman tersebut. Padahal sebenarnya apa yang dilakukan sangat berbahay bagi kesehatannya terutama dapat mengganggu kinerja jantung. Baca juga artikel tentang Larangan Tidur Setelah Shalat Shubuh.

Saya sempat membaca postingan di sebuah akun GooglePlus yang menyebutkan ada penelitian terkait air panas (H2O) yang bertemu karbondioksida (CO2) yang berasal dari hembusan mulut manusia, maka akan menghasilkan persenyawaan H2CO3 atau asam karbonat. Dan jika asam karbonat ini masuk ke dalam tubuh manusia sangat rentan mengakibatkan penyakit jantung.
Larangan Minum Kopi Panas
by izzu17.blogspot.com
Terkait kebenaran penelitian tersebut tentu menjadi PR kita bersama untuk membuktikan, namun yang terpenting adalah upaya kita untuk menunaikan sunnah Rasulullah SAW yang sudah barang tentu ada manfaatnya. Banyak cara mendinginkan minuman panas, boleh dengan di letakkan di piring atau dibiarkan beberapa saat sebelum kita menikmatinya hangat-hangat.

Demikian postingan terkait Larangan Meniup Air Panas Sebelum Diminum sebagaimana pesan Rasulullah sang manusia terbaik sepanjang zaman. Semoga dengan ini kita dapat saling menjaga diri dan keluarga dari bahaya penyakit jantung akibat kebiasaan buruk meniup air panas sebelum meminumnya. Wallahu 'alam....